Mengapa Saya Masuk Agama Islam
oleh ZULKARNAIN (Eddy Crayn Hendrik) PERKEMBANGAN AJARAN-AJARAN PAULUSAjaran Paulus yang banyak mengandung mithos-mithos Yunaniini ternyata banyak sekali mendapat dukungan, dariorang-orang sekitar Mediteraan, Laut Tengah. Ia antaranyadidukung oleh Ireneus (150 - 202 M), Tertulianus (155 - 220M) Origens (185 - 254 M) dan Anthanasius, yaitu Bapak yangmelahirkan Trinitas yang hidup sekitar tahun 298 - 377 M,yang ikut memelopori Trinitas dalam sidang dikota Niceatahun 325 M. Di belakang Anthanasius berdiri pula SantoAgustinus (354 - 430) dan Gregoryus Nyssa (335 - 394 M).Mereka, pendukung-pendukungnya ini memikirkan, berpikir danberunding, bagaimana memecahkan persoalan Tuhan itu tigatetapi satu. Maka tidaklah heran kita bila kemudianmendengarkan adanya konsili-konsili seperti konsili Nicea,konsili Epesus, konsili Alexandria dll, dimana padatiap-tiap konsili akan lahir pula suatu "perkembangan barudari Tuhan," seperti pelenyapan Injil-injil yang asli,pelarangan padri-padrinya kawin dan seterusnya. Dalam zamanseperti yang saya sebutkan tadi, tidak pula seluruh orangmenerima ajaran gila Paulus ini, sebab pada waktu itu lahirpula golongan-golongan Nestorius (388-440 M) dan Arius(270-350 M). Kedua golongan ini terkenal gigihnya menentangajaran Paulus, sambil tetap berkeyakinan bahwa tiada lainyang disembah melainkan Allah yang Maha Esa, danpertentangan mereka inilah yang akhirnya menimbulkanperburuan manusia yang tiada taranya, dimana lawan-lawanideologinya dibunuh dengan dibakar hidup-hidup, diadu dengansinga, diseret oleh kuda ataupun dihukum pijak oleh gajah.PEMERINTAH ROMAWI TURUN TANGANPemerintah Romawi melihat adanya suatu kericuhan-kericuhandidalam negerinya, tidaklah tinggal diam.Kericuhan-kericuhan agama ini bila dibiarkan, kemungkinanbesar akan menimbulkan suatu hal-hal yang lebih besar danberbahaya pula. Itulah sebabnya maka pada tahun 326 M,kaizar Konstantin yang Agung segera mengadakan musyawarahatau konsili dikota Nicea, dimana golongan-golonganTertulianus, Origenes, Anthanasius dipertemukan dengangolongan Nestorius, Arius serta kawan-kawan yang seangkatandengannya. Gagasan Kaisar mungkin kurang ditanggapi olehummat, maka dari undangan yang datang ternyata belumsetengahnya. Didalam perdebatan itu, mereka terpecah dua,yaitu golongan-golongan yang mempertahankan Yesus sebagaimanusia, dan golongan golongan yang mempertahankan Yesussebagai Tuhan. Berhubung tidak adanya kata sepakat, makakaisar mengambil keputusan (dekrit?) bahwa Yesus adalahTuhan dan manusia, atau setengah Tuhan dan setengah manusia.Gagasan ini diterima hanya dengan 2 suara, sedang penolaknya10 suara. Berhubung yang 2 suara ini lebih dekat denganselera kaisar, maka sejarah kemudian mencatat yang 2 suarainilah yang menang, yaitu mereka yang menerima gagasan Tuhanmanusia terhadap diri Yesus. Kaisar kemudiannya mengadakansuatu dekrit umum bahwa semua orang harus menerimagagasannya itu. Maka mulailah disini penjagalan manusiabesar-besaran, dimana siapa saja yang menolak ajaran YesusTuhan dan manusia dibunuh dengan bermacam-macam cara yangkeji. Belakangan ternyata pula, kaisar Konstantin rajaRomawi yang kafir itu masuk Kristen, dan kemungkinan mulaitahun-tahun inilah Kristen itu mulai lahir, dalam suatubentuk yang bernama: Katolik yang artinya Umum. Konsili Iini rupa-rupanya belumlah dapat menampung segala aspirasiummat. Maka mereka kemudian mengadakan Konsili II dikotaKonstantinople pada tahun 381 M, yang memutuskan lagi bahwaAnak adalah Homo Osius dengan Bapa (Creator). DidalamKonsili II ini pula mereka menambahkan materi Rokhulkudussebagai oknum ke-III dari Allah, sehingga lengkap lahirlahTuhan Allah Bapa, dan Anak serta Rokhulkudus. Didalamtahun-tahun inilah kemungkinan besar orang mulaimenambah-nambah Injil Matius dengan tulisan: Pergilahkeseluruh dunia baptiskanlah seluruh bangsa dengan namaBapa, dan Anak dan Rokhulkudus (Matius 28:10). Konsilike-III diadakan dikota Epesus tahun 439 M, didalam konsiliinilah dikeluarkan perintah untuk mengutuk ajaran-ajaranNestorian dan Arianisme yang bidaat itu. Merekapunmengeluarkan pernyataan perang terhadap Injil, dimanaseluruh Injil-injil yang asli dimusnahkan ataudiapokratipkan. Sebagaimana kita mengetahui, semasa Yesushidup ia mempunyai pula pengikut-pengikut, yang kian kemarimenuliskan khutbah-khutbah dan ajaran-ajarannya sebab padazaman itu memang alphabet telah ditemukan. Murid-murid Yesusada 70 orang. diantaranya 12 yang disebutkan namanya didalamInjil. Dari catatan-catatan murid-murid Yesus ini, kemudianhari kita kenal telah dibukukan dengan nama Injil, yangdinamai oleh masing-masing penulisnya seperti:(1) Injil Markion, (2) Injil Mesir, (3) Injil Eva,(4) Injil Yudas, (5) Injil Nicodemus, (6) Injil Thomas,(7) Injil Barnaba, (8) Injil Matius, (9) Injil Yosepus,(10) Injil Duabelas, (11) Injil Kebenaran, (12) Injil Maria,(13) Injil Yesus, (14) Injil Andreas, (15) Injil Pilipias,dan lain-lainnya.Saya masih teringat, ketika ibu saya juga bertanya kepadaayah saya, adakah murid-murid Yesus itu juga menulis Injildan mengapa katanya ada Injil-injil yang dilarang untukdibaca? Ayah saya yang sudah tamat sekolah pendeta diBandung pada tahun 1936, sebenarnya mengetahui akan hal ini.lbu saya bertanya karena kemungkinan ibu saya pernahmembuka-buka buku pelajaran ayah dan kemudian terbacaolehnya. Ayah saya adalah seorang pendeta, paling tidakbeliau adalah seorang Kristen yang taat. Itulah sebabnyaayah saya lalu menjawab bahwa memang benar, ada sementaraInjil-injil yang dilarang sebab Injil itu ternyata Injilpalsu ciptaan syaitan, yang bertentangan denganajaran-ajaran Yesus. Ayah saya mungkin tidak diberitahukanoleh gurunya, atau ayah saya tahu, tetapi pura-pura tidaktahu, wallahu'alam, yang jelas ialah ayah saya telahmemberikan suatu keterangan yang salah. Injil-injil yangdikatakan memuat ajaran syaitan dan bertentangan denganajaran Yesus itulah sebenarnya injil-injil yang asli, yangdidalamnya tidak pernah atau belum pernah kemasukanajaran-ajaran PaulusMATIUS CS. PENJIPLAK PAULUSSebaliknyalah bahwa Injil-injil Matius, Markus, Lukas danYahya itulah yang mengajarkan ajaran-ajaran palsu. Lukasmisalnya, ia adalah dokter pribadi dari Paulus. Ia dalammenulis Injil, dengan sendirinya kemasukan pulaajaran-ajarannya Paulus. Ini bisa dibuktikan dalamtulisannya pada kisah rasul- rasul, dimana jelas nampakkecenderungannya untuk mengangkat-angkat nama Paulus, bahkanmurid ini setengah mengkultus dan mendewakannya. Lukasmenyusun Injilnya berdasarkan kepada Markus-tua atau UrMarkus. Sedangkan Markus sendiri bukannya orang yangdikenal. Matius menulis Injilnya berdasarkan pula kepada UrMarkus, jadi Matiuspun menjiplak. Itulah sebabnya dalamInjil-injil Matius, Markus dan Lukas banyak sekali dijumpaikalimat-kalimat atau perkataan-perkataan yang sama,disamping pertentangan-pertentangan yang ada. Lalubagaimanakah dengan Injil Yahya? Marilah kita ikuti uraianJarnawi Hadikusumo dalam bukunya: Tinjauan sekitarPerjanjian Lama & Baru, halaman 69-74 yang bunyinya kuranglebih:1. Injil Yahya tidak termasuk dalam Injil Sipnotik, sebabisi dan sejarahnya lain sekali. Menurut keyakinan Kristen,Injil Yahya ditulis oleh Yahya murid Yesus yang terkasih.(Yahya 13:23 dan 21:20). Oleh karena itulah maka kepercayaanKristen, penulis Injil Yahya ialah Yahya bin Zabdi adikYakub bin Zabdi seorang diantara muridnya yang duabelas itu.2. Oleh para ahli sejarah yang lebih dapat dipercaya, Yahyabin Zabdi telah dibunuh oleh Raja Herodes Agerippa I padatahun 44 atau 66 M. Padahal Injil Yahya baru ditulis sekitartahun 100 M. Maka benar kemudian, Injil ini kemungkinanbesar sekali ditulis oleh Yahya Prebester pendeta sidangJum'at di Asia Kecil yang hidup dalam abad I Masehi. Iamenulis Injilnya itu dengan maksud untuk menentang ajaranCorentus dan Irenius. Hal ini dikuaykan lagi olehkitab-kitab Encyclopedia, terutama Encyclopedia Britanicayang mendasarkan keterangannya atas Papias Uskup Hieropolis.Demikian juga keterangan vang dibawakan oleh Dr. J. H.Bavink dalam kitabnya yang bernama: "De Weg Van GodsKoninkrijk."Kembali kepada soal Matius, pada waktu Yesus hidup iamasih anak kecil berumur 5 tahun. Ia menulis Injil padatahun 88 M, dus 55 tahun sesudah kepergian Yesus. Waktu yang55 tahun saya kira sudah sangat lama untuk mengingat semuakejadian, apalagi untuk menulis perkatan-perkataan seseorangDari manakah ia mengetahui percakapan Gembala-gembala Efratadengan para malaikat? Bukankah pada waktu itu ia tidakberada di padang Efrata? Lalu darimana pula ia mengetahuidialog Mariam dan Jibril? Bukankah dari mulut ke mulut jugaasalnya?
MENGAPA SAYA MASUK AGAMA ISLAMdan MENGAPA SAYA MENGAKUI MUHAMMADSEBAGAI RASUL ALLAH S.W.T.
Penerbit: C.V. "RAMADHANI" - SemarangPenyiar: "AB. SITTI SYAMSIYAH" - Sala
2 comments:
yg gw tau tuh, yg dipermasalahkan antara gereja timur dan barat adalah monofisit atau bukan . artinya apakan yesus itu 100% Allah, ataukah 100% Allah dan 100% manusia. yg gw tahu tentang konsili calcedon (majma kalkaduniyah) dan konsili nicea itu ngebahas tentang itu. Gereja barat dan timur pecah karena hal ini tapi semua tetap percaya kalo Yesus adalah Tuhan.
Gw justru gak percaya Muhammad karena nalar gw sendiri udah terbukti bahwa ternyata Muhammad banyak meniru prototipe kenabian Isa A.S.
Bahkan tradisi sholat, puasa, zakat dsb adalah suatu hal yg sudah ada sebelum Islam.
Banyak ide2 yg menurut gw sinkron dengan apa yg ada di Alkitab.
Muhammad bole aja buta huruf tapi gw yakin dia bergaul. dan bukan manusia gua.
Kekristen udah sampe di jazirah arab sewaktu zaman Muhammad. Memang belum ada Alkitab berbahasa Arab waktu itu. Tp sudah ada Alkitab berbahasa Aram. Dan umat2 nasrani Arab juga udah ada seperti Syria, Lebanon, Irak, Turki dsb. dikenal seperti Nestorian, Coptic, Chaldea dsb.
Jadi saya yakin, Muhammad banyak belajar or ngambil ide berdasarkan info2 yg dia dapat dari perjumpaannya dengan umat2 nasrani/yahudi saat itu. Makanya pada zamannya pun banyak umatnasrani arab yg tidak percaya kenabian Muhammad.
Jazirah arab menjadi mayoritas Muslim karena PEDANG. Bukan karena hasil dakwah. Daerah2 taklukan yg dulunya nasrani dibuat sedemekian rupa sehingga banyak nasrani yg tidak kuat atas tekanan penguasa Islam yg akhirnya murtad or migrasi.
Semoga anda paham.
dan tolong baca sejarah kristen timur dan konsili2 itu dengan lebih cermat dari sumber yg tepat. jadi gak sembarangan menuduh bahwa ajaran paulus bla bla bla....
Belajar dong dari gereja2 timur. yg masih bertahan hingga kini. gereja2 arab yg sampe skrg gak sanggup di islamkan sejak dari zaman Muhammad.
oalah mas..mas.. yang anonymous diatas...temannya aja sdh mengakui tanpa disuruh... jangan komentar yang lain donk....
Post a Comment